Seringkali kita di hadapkan hal-hal yang sekilas terlihat sepele dalam pekerjaan, misal pola sederhana kalau ingin mencari jumlah hari kerja dalam satu bulan, memasukkan tanggal sekarang, memasukkan hari sekarang, maupun menhitung jumlah hari dalam satu bulan.
Oke akan saya coba jelaskan satu persatu dari masing-masing fungsi dari perintah excel berikut :
DAY
untuk menhasilkan nilai numerik hari dalam satu bulan, mulai tanggal awal bulan hingga tanggal selesai suatu bulan.
Misal kalau rekan menuliskan rumus =DAY("31-mei-2013") maka balasannya ialah 31, namun kalau rekan menuliskannya salah misal dalam bulan april 2013 hanya hingga tanggal 30, tapi rekan menuliskan =DAY("31-apr-2013") maka yang muncul pesan error #Value!
NOW
Untuk menhasilkan nilai numerik data tanggal data yang berlaku hari ini. rumus yang dipakai =NOW()
Misal pada dikala rekan menginputkan data now ialah tanggal 14 mei 2013 jam 13.06 dengan mengetikkan rumus =NOW() maka data yang dihasilkan 14-mei-2013 13:06
TODAY
Untuk menghasilkan nilai tanggal hari ini, rumus yang dipakai =TODAY()
Misal kini tanggal 14 mei 2013, maka kalau rekan menuliskan rumus =TODAY() maka balasannya 14/05/2013
NETWORKDAYS
Untuk menghasilkan nilai jumlah seluruh hari kerja diantara tanggal awal dan tanggal akhir. secara default akan dihitung dalam satu minggunya 5hari kerja.
Rumus = NETWORKDAYS(A;B;C)
dimana ;
A, merupakan data tanggal awal
B, merupakan data tanggal akhir
C, data hari libur bukan termasuk hari sabtu dan minggu, untuk holiday(hari libur) optional jadi misal ndak ada hari libur /absen dalam bulan tersebut maka dapat tidak di tulis. untuk detailnya rekan dapat melihat pola soal excel berikut ini
Pada pola di atas, kita dapat melihat kalau dikurangi absen(libur) maka rumus yang dipakai =NETWORKDAYS(B4;C4;D4) dan kalau bolos (libur) tidak ingin dihitung/tidak ada, maka dapat cukup =NETWORKDAYS(B4;C4)
Itu tadi klarifikasi mengenai rumus excel, dalam beberapa komputer tanda ";" tidak berfungsi sebagai pembatas, maka rekan gunakan "," koma sebagai penggantinya.
Oke akan saya coba jelaskan satu persatu dari masing-masing fungsi dari perintah excel berikut :
DAY
untuk menhasilkan nilai numerik hari dalam satu bulan, mulai tanggal awal bulan hingga tanggal selesai suatu bulan.
Misal kalau rekan menuliskan rumus =DAY("31-mei-2013") maka balasannya ialah 31, namun kalau rekan menuliskannya salah misal dalam bulan april 2013 hanya hingga tanggal 30, tapi rekan menuliskan =DAY("31-apr-2013") maka yang muncul pesan error #Value!
NOW
Untuk menhasilkan nilai numerik data tanggal data yang berlaku hari ini. rumus yang dipakai =NOW()
Misal pada dikala rekan menginputkan data now ialah tanggal 14 mei 2013 jam 13.06 dengan mengetikkan rumus =NOW() maka data yang dihasilkan 14-mei-2013 13:06
TODAY
Untuk menghasilkan nilai tanggal hari ini, rumus yang dipakai =TODAY()
Misal kini tanggal 14 mei 2013, maka kalau rekan menuliskan rumus =TODAY() maka balasannya 14/05/2013
NETWORKDAYS
Untuk menghasilkan nilai jumlah seluruh hari kerja diantara tanggal awal dan tanggal akhir. secara default akan dihitung dalam satu minggunya 5hari kerja.
Rumus = NETWORKDAYS(A;B;C)
dimana ;
A, merupakan data tanggal awal
B, merupakan data tanggal akhir
C, data hari libur bukan termasuk hari sabtu dan minggu, untuk holiday(hari libur) optional jadi misal ndak ada hari libur /absen dalam bulan tersebut maka dapat tidak di tulis. untuk detailnya rekan dapat melihat pola soal excel berikut ini
Pada pola di atas, kita dapat melihat kalau dikurangi absen(libur) maka rumus yang dipakai =NETWORKDAYS(B4;C4;D4) dan kalau bolos (libur) tidak ingin dihitung/tidak ada, maka dapat cukup =NETWORKDAYS(B4;C4)
Itu tadi klarifikasi mengenai rumus excel, dalam beberapa komputer tanda ";" tidak berfungsi sebagai pembatas, maka rekan gunakan "," koma sebagai penggantinya.