Bila anda bicara rumus excel maka yang ada anda harus mengerti fungsi dan kegunaan banyak rumus yang ada pada microsoft excel, salah satunya ialah rumus excel VLookup yang merupakan rumus excel yang sering dipakai dalam mengerjakan kiprah kantor, pengerjaan laporan administrasi, ataupun aktivitas lain yang melibatkan penggunaan microsoft excel dalam pengerjaannya. Makara jikalau anda ingin menjadi pegawai kantoran/bagian manajemen maka salah satu hal yang harus anda kuasai ialah penggunaan microsoft office (terutama ms word dan ms excel) alasannya yaitu memang aplikasi ms office ini memang paling terkenal untuk dikala ini.
Dengan microsoft excel sendiri banyak hal yang dapat kita lakukan dengan aplikasi yang satu ini, alasannya yaitu memang fitur dan rumus yang tersedia di excel sangat bervariasi dan lengkap ketimbang jadwal aplikasi sejenis office lainnya. Rumus excel VLookup juga sering dipakai dalam aktivitas pendataan memakai microsoft excel.
Fungsi Rumus Excel VLookup dan Contoh Penggunaan VLookup di Ms Excel
Pada dasarnya kegunaan / fungsi utama rumus VLookup dalam microsoft excel ialah membaca dan menampilkan tabel yang dihubungkan untuk mendefinisikan suatu keadaan tertentu yang penyajiannya data tersebut pembacaanya secara vertikal (atas ke bawah) dimana penyajiannya di urutkan dari nilai yang kecil ke besar (A-Z)/Ascending.
Bentuk Penulisan Rumus Vlookup di Ms. Excel
Yang kurang lebih artinya menyerupai ini =VLOOKUP(nilai yang dibaca,tabel pembacaan, nomor index kolom)
Penjelasan dari format rumus VLookup diatas kurang lebih menyerupai ini :
lookup_value >> Nilai yang dibaca yaitu nilai sebagai dasar pembacaan tabel
tabel array >> tabel pembacaaan yaitu range data yang disusun secara vertikal dan horizontal yang berfungsi sebagai tabel yang akan dibaca
col_index_num >> nomor indeks kolom yaitu nomor urut yang menawarkan posisi kolom dalam suatu tabel
row_index_num >> nomor indeks baris atau kolom yaitu nomor urut yang menyatakan posisi baris dan kolom suatu tabel.
[range_lookup] >> merupakan sanksi dari perintah jikalau benar maka datanya sesuai, jikalau tidak maka False (tidak ada)
Mungkin untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tumpuan penggunaan rumus VLookup di Ms excel
Dari gambar diatas dapat di simpulkan ;
untuk mengisi kolom HURUF (cell E11) maka memakai rumus =VLOOKUP(D9;H9:J13;2) serta pada bab KETERANGAN (cell F11) memakai rumus =VLOOKUP(D9;H9:J13;3)
Dari tumpuan soal VLookup diatas yang perlu anda pahami dan cermati ialah peletakan dan cara membaca tabel yang benar, sehingga anda tidak salah memanggil nilai yang dimaksud dalam suatu tabel excel.