Situs informasi aplokasi, Tips dan trik, Berita, informasi Teknologi, perkembangan Gadget dan internet.

Thursday, November 7, 2019

Tutorial Apa Beda Wordpress Dengan Blogspot (Blogger) Dalam Menciptakan Blog

Apa beda wordpress dengan blogspot? pelajari perbedaannya berikut ini sebelum anda menciptakan blog.

Jika kita browsing di internet tentu kita banyak melihat blog - blog yang mengulas perihal Blogger ( Blogspot ) dan Wordpress. Ada pihak yang menyatakan bahwa menciptakan blog dengan Blogger lebih baik daripada Wordpress, sementara tidak sedikit yang menganggap Wordpress lebih baik dan lebih handal daripada Blogger atau Blogspot. Hal ini mungkin sanggup menciptakan gundah bagi mereka yang pemula yang akan menciptakan blog. Lalu apa beda wordpress dengan blogspot?

Sebelum saya jelaskan apa perbedaan blog di wordpress dan di blogspot, hal penting yang perlu anda camkan yaitu dalam menentukan platform blog ... apakah itu blogger atau wordpress, yang paling penting buat anda yaitu yang paling gampang dan paling nyaman berdasarkan anda. Itulah kenapa sebelum menciptakan blog, anda perlu mempelajari apa beda wordpress dengan blogspot.

Beda wordpress dengan blogspot atau blogger secara lebih datail akan disajikan dalam 3 serpihan yaitu blogspot.com, wordpress.com, dan wordpress.org.  Blogspot.com dan wordpress.com merupakan layanan blog gratisan, sedangkan wordpress.org merupakan layanan blog berbayar atau yang dikenal dengan istilah Wordpress self hosted. Untuk menciptakan blog berbasis Wordpress.org kita harus mempunyai domain dan hosting sendiri, caranya kita mengunduh file blog dari www.wordpress.org kemudian menginstall blog di hosting sendiri.


 pelajari perbedaannya berikut ini sebelum anda menciptakan blog Tutorial Apa Beda Wordpress Dengan Blogspot (Blogger) Dalam Membuat Blog



BEDA PENGERTIAN WORDPRESS DENGAN BLOGSPOT

Pengertian dari masing - masing platform menjadi serpihan dari bahasan perihal apa beda wordpress dengan blogspot sebab hal ini memang fundamental sekali dan wajib dipahami oleh pemula sebelum menciptakan blog.

Berikut ini yaitu pengertian dari masing - masing platform blog :

Apa itu WordPress.com?

WordPress.com yaitu layanan hosting WordPress gratisan namun kapasitas hosting dibatasi, yang dibentuk oleh WordPress untuk pelanggannya. Jika Anda memanfaatkan layanan hosting mereka, situs web Anda akan dihosting di server mereka. Singkatnya, WordPress.com menangani semua kebutuhan hosting Anda. Dengan menciptakan blog di wordpress.com maka alamat blog anda hanya berupa subdomain, referensi : bloganda.wordpress.com.

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org yaitu platform open source yang gratis tak berbayar. Karena ini yaitu perangkat lunak gratis, Anda sanggup mengunduh dan memasangnya di server web Anda sendiri dengan membeli domain dan menyewa hosting sendiri. Dengan WordPress.org, Anda sanggup meng-host situs web atau blog Anda sendiri. Oleh sebab itu, sering disebut oleh banyak orang sebagai ‘self-hosted’ WordPress. Untuk menciptakan blog, anda perlu mengunduh script blognya dari wordpress.org kemudian menguploadnya ke hosting anda sendiri. Dengan menciptakan blog di hosting sendiri dan mempunyai domain sendiri, maka alamat blog anda yaitu www.bloganda.com.

Apa itu Blogspot?

Tentu anda sudah tidak ajaib lagi dengan Blogspot. Blogspot atau yang juga dikenal dengan Blogger merupakan layanan blog gratis yang terintegrasi dengan akun Google. Artinya dengan mempunyai akun Google, anda juga sanggup login ke Blogspot, Youtube, Google Plus dan layanan Google lainnya. Dengan membuat blog dengan Blogger (blogspot), maka alamat blog anda hanya berupa subdomain dari blogspot, referensi : bloganda.blogspot.com. Walaupun demikian kita sanggup mengubah tampilan blogspot menjadi lebih profesional dengan memanfaatkan fitur custom domain, sehingga alamat blog yang semula sebagai subdomain blogspot menjadi domain sendiri. Baca juga : cara custom domain blogspot di Rumah Web



PERBEDAAN LAIN ANTARA WORDPRESS DENGAN BLOGSPOT

Setelah membaca ulasan di atas tentu kini anda sudah lebih memahami apa beda wordpress dengan blogspot. Selain hal di atas, berikut ini yaitu beberapa perbedaan lain antara wordpress dengan blogspot :

Blogspot :
  • Tidak perlu beli domain domain dan hosting
  • Tidak ada fitur plugin tambahan
  • Walaupun kita bebas mengganti template blogspot dengan template sendiri , namun kepemilikan blog tidak sepenuhnya, sewaktu - waktu blog sanggup dihapus Google tanpa peringatan sebelumnya.
  • Alamat blog hanya sebagai subdomain


Wordpress gratisan ( wordpress.com) :
  • Hosting gratis tapi terbatas
  • Tidak sanggup menginstal plugin
  • Kepemilikan blog tidak sepenuhnya sebab tidak sanggup saluran ke hosting
  • Alamat blog hanya sebagai subdomain


Wordpress self hosted (wordpress.org) :
  • Domain dan hosting milik sendiri
  • Memiliki hak saluran penuh atas kepemilikan blog selama masih membayar domain dan hosting
  • Bisa menginstal plugin embel-embel untuk mengoptimalkan blog
  • Membutuhkan anggaran untuk menyewa domain dan hosting
  • Blog sanggup dimonetize ( untuk bisnis online ) sesuka hati
  • Alamat blog berupa domain milik sendiri, referensi : www.bloganda.com




PERBEDAAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WORDPRESS.COM DENGAN WPRDPRESS.ORG

Setelah membahas perihal apa beda wordpress dengan blogspot menyerupai di atas, untuk menambah wawasan anda perihal wordpress, berikut ini saya sampaikan perbedaan kelebihan dan kekurangan antara wordpress.com dan wordpress.org


Apa kelebihan WordPress.com?
  • Gratis, tidak membutuhkan anggaran untuk sewa domain dan hosting.
  • Manajemen keseluruhan situs web hanya sedikit sebab penyedia hosting mengurus semua layanan pribadi dari unggahan file dll. Yang berarti Anda tidak perlu mengakses akun FTP atau bahkan menambahkan domain melalui panel kontrol atau melaksanakan tugas-tugas semacam itu.
  • Karena menyediakan layanan yang berbayar, WordPress.com menyediakan pinjaman email dan dialog kepada pelanggan. Selain ini, sebab Anda yaitu serpihan dari komunitas WordPress, maka sanggup mengirimkan kemudian lintas ke situs web Anda dengan menampilkan situs web Anda di portal pasarnya.
  • Tidak membutuhkan penguasaan bahasa pemrograman ataupun pengetahuan kode HTML.



Apa kerugian dari WordPress.com?
  • Seperti halnya blogspot, alamat blog anda hanya sebagai subdomain, artinya situs web Anda akan dibaca sebagai bloganda.wordpress.com dan bukan www.bloganda.com.
  • Karena hostingnya numpang, Anda tidak sepenuhnya mempunyai konten di WordPress.com, artinya WordPress.com mempunyai hak untuk mematikannya. Anda tidak mempunyai hak untuk menjual situs web atau blog tanpa izin.
  • Penggantian theme atau template sanggup dilakukan hanya sebatas yang tersedia pada wordpress.com, kita tidak sanggup mengupload dan memakai template dari luar.




Apa kelebihan dari WordPress.org?

Selain script gratis yang sanggup anda upload untuk menciptakan blog anda, menciptakan blog dengan script dari WordPress.org dengan hosting sendiri juga mempunyai beberapa kelebihan menyerupai berikut ini :
  1. Selama anda masih menyewa domain dan hosting, Anda mempunyai kontrol penuh atas situs web Anda.
  2. Dalam hal penggunaan theme atau template, tidak ada batasan dalam hal mengunduh tema (theme) untuk situs web Anda. Sama halnya dalam penggunaan plugin Wordpress. Bahkan anda sanggup memasang theme atau template dari luar.
  3. Blog sanggup anda monetize dengan memasang iklan atau aktivitas komersial lainnya di blog anda, tanpa mengembangkan pendapatan.
  4. Dalam hal desain blog, Anda sanggup menyesuaikan tampilan situs web sesuai harapan anda.
  5. Anda sanggup menciptakan perubahan pada direktori file web menyerupai yang Anda inginkan karena situs web dihosting di server web Anda sendiri, 



Apa kerugian dari WordPress.org?
  1. Anda bertanggung jawab pribadi atas pembaruan keamanan, cadangan, dan pinjaman untuk situs web, ini membutuhkan keterampilan khusus untuk melakukannya.
  2. Anda mungkin memerlukan beberapa pengetahuan teknis sebelumnya, khususnya pemahaman yang baik perihal HTML. Kaprikornus blog dari wordpress.org ini bergotong-royong hanya direkomendasikan bagi mereka yang sudah memahami pengkodean lebih lanjut, juga duduk kasus plugin dan memahami duduk kasus keamanan blog yang sangat kompleks.