Situs informasi aplokasi, Tips dan trik, Berita, informasi Teknologi, perkembangan Gadget dan internet.

Wednesday, November 6, 2019

Tutorial Cara Gampang Setting Print Pada Excel

Cara Setting Print ExcelMicrosoft excel merupakan software yang kerap dipakai untuk mengolah data, tabel, dan dokumen administratif lainnya yang memakai banyak data. Software keluaran microsoft ini mempunyai keunggulan sanggup mengaplikasikan formula-formula tertentu untuk mengolah data semoga menjadi lebih mudah, menyerupai menghitung pendapatan, mencari rerata, dan lain-lain.

Salah satu yang kerap menjadi problem untuk pengguna microsoft excel yaitu saat hendak mencetaknya. Masalah yang sering terjadi yaitu dokumen tidak tercetak seluruhnya, tercetak seluruhnya tetapi terlalu kecil, atau ukurannya yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Jika Anda salah satu yang mengalami problem tersebut, Anda sanggup memperhatikan cara setting print excel berikut ini.


Langkah-langkah Mencetak di Microsoft Excel

Mencetak dokumen dari microsoft excel mempunyai perbedaan dari microsoft word. Salah satu yang membedakannya yaitu sajian Print Area untuk memilih wilayah yang hendak dicetak. Hal ini dikarenakan lembar kerja microsoft excel sangat luas, berbeda dengan microsoft word yang hanya terbatas pada satu ukuran kertas. Baca juga : cara print bolak balik

Berikut yaitu langkah umum mencetak file di microsoft excel :
  1. Siapkan dokumen yang hendak dicetak. Cek terlebih dahulu keseluruhan dokumen dengan memakai scroll kafe semoga mengetahui seberapa besar kawasan yang hendak dicetak.
  2. Klik Page Layout
  3. Pilih tanda panah kecil di samping goresan pena Page Setup
  4. Akan terbuka obrolan box Page Setup
  5. Pilih jenis kertas yang hendak dipakai pada sajian Paper Size
  6. Block kawasan yang hendak dicetak
  7. Klik Page Layout
  8. Pilih Print Area
  9. Pilih Set Print Area, tentukan area yang hendak dicetak. Inilah langkah penting dalam mencetak di microsoft excel
  10. Pilih Print, kemudian Print Preview
  11. Pilih Show Margin untuk menampilkan margin
  12. Atur margin semoga sesuai dan tidak ada bab yang terpotong
  13. Jika sudah dirasa benar, pilih Print untuk mencetak
  14. Jangan lupa perhatikan settingan kertas dalam Properties Printer yang digunakan, menyerupai ukuran kertas.
  15. Klik OK


Cara Setting Print Excel Supaya Muat dalam Satu halaman

Ada kalanya tabel atau lembar kerja yang dihadapi mempunyai ukuran yang besar sehingga saat dicetak, ada bab tertentu yang terpotong. Jika yang terpotong tidak terlalu banyak, Anda sanggup memakai cara semoga lembar kerja tersebut sanggup tercetak dalam satu halaman saja. Dengan begitu, tidak ada bab yang terpotong. Baca juga : cara print word 2010

Berikut ini yaitu cara-cara untuk mengaturnya :

1. Mengatur Skala Printer
  • Tanpa mengatur skala printer terlebih dahulu, hasil yang tercetak biasanya akan menjadi dua halaman jikalau dokumen terlalu besar. Maka dari itu perlu melaksanakan pengaturan skala printer.
  • Pilih Menu Bar pada Microsoft Excel
  • Pilih Print
  • Pilih Scaling
  • Pilih Fit Sheet on One Page
  • Setelah selesai, tinggal klik Print
2. Mengatasi dokumen yang lebih panjang hingga ke bawah
  • Pilih Menu Bar pada Microsoft Excel
  • Pilih Print
  • Pilih Scaling
  • Pilih Fit All Columns on One Page

Microsoft excel merupakan software yang kerap dipakai untuk mengolah data Tutorial Cara Praktis Setting Print Pada Excel


Cara Setting Print Excel untuk Mencetak Area Tertentu Dalam Lembar Kerja

Selain problem terdapat bab yang terpotong, ada beberapa perkara di mana hanya bab tertentu saja yang hendak dicetak. Ini dikarenakan data-data selain bab tersebut bukan merupakan bab penting, atau dalam situasi tersebut belum dibutuhkan. Untuk itu, dibutuhkan cara untuk mencetak area tertentu saja dari lembar kerja. 

Jika Anda belum mengetahui caranya, Anda sanggup melaksanakan langkah berikut ini semoga sanggup mengatasinya :

1. Menyeting Area Tertentu dalam Microsoft Excel 2003
  • Siapkan kawasan yang hendak dicetak
  • Pilih sajian File
  • Pilih Print Area
  • Pilih Set Print Area
  • Tentukan kawasan yang hendak dicetak
  • Untuk menghapus area print, buka sajian File, Pilih Print Area, dan Pilih Clear Print Area, sedangkan untuk menambah pilih Add Print Area
2. Menyeting Area Tertentu dalam Microsoft Excel 2007
  • Siapkan kawasan yang hendak dicetak
  • Buka sajian Page Layout
  • Pilih Page Setup group
  • Pilih Print Area
  • Pilih Set Print Area
  • Untuk menghapus area print, buka Page Layout, Pilih Page Setup Group, Pilih Print Area, Pilih Clear Print Area, sedangkan untuk menambah pilih Add Print Area
Cara-cara di atas merupakan beberapa solusi untuk mengatasi problem yang sering dialami oleh orang yang hendak mencetak dokumen dari microsoft excel. Dengan memahami cara tersebut, Anda tidak perlu lagi kebingungan saat menghadapi problem serupa. Dokumen yang tercetak pun akan lebih rapi dan sesuai dengan ekspektasi.