Situs informasi aplokasi, Tips dan trik, Berita, informasi Teknologi, perkembangan Gadget dan internet.

Friday, November 8, 2019

Tutorial Cara Membeli Domain Dan Hosting

Cara membeli domain dan hosting berikut ini yakni langkah gampang bagaimana anda sanggup mempunyai domain dan hosting sendiri.

Domain dan hosting yakni dua hal yang wajib dimiliki bila ingin menciptakan blog yang online di internet. Seperti yang sudah kita bahas pada halaman perihal pengertian domain dan pengertian hosting, keduanya .... domain dan hosting sanggup dimiliki secara gratis. Sehingga anda juga sanggup mempunyai blog yang gratis dan online di internet. Namun domain gratisan hanya bersifat sebagai sub domain, hostingnya bersifat numpang pada situs lain.

Pada halaman ini saya ingin membahas perihal cara membeli domain dan hosting alasannya kita ingin mempunyai blog dengan domain langsung dan hosting pribadi. Untuk membelinya, domain dan hosting sanggup dibeli pada perusahaan penyedia layanan yang  terpisah, contohnya domain dibeli pada perusahaan X sedangkan hosting dibeli pada perusahaan Y. 

Untuk pola berikut ini saya ingin menggambarkan langkah - langkah cara membeli domain dan hosting pada satu kawasan yaitu di www.rumahWEB.com. Kaprikornus langkah - langkah berikut ini merupakan petunjuk cara membeli domain sekaligus cara membeli hosting.



CARA MEMBELI DOMAIN DAN HOSTING

Berikut ini yakni langkah - langkah cara membeli domain sekaligus hosting pada rumahWEB.com :

1. Buka www.rumahweb.com. Kemudian akan tampil halaman utama situs menyerupai di bawah :



2. Lihat gambar di atas, pada bab bawah ( tanda merah ), ketikkan nama domain yang diinginkan, kemudian klik "search".

3. Berikutnya akan ditampilkan nama domain yang masih tersedia beserta beberapa jenis akhiran domain yang terdia ( .com  .id  .net  ) dan sebagainya.  Seperti gambar di bawah ini :


4. Lihat gambar di atas, alasannya kita ingin membeli domain  .com, maka pilih yang berakhiran  .com, menyerupai yang diberi tanda merah. Lalu bagaimana bila domain yang kita inginkan tidak tersedia?  Jika domain yang kita inginkan tidak tersedia, artinya domain tersebut sudah dimiliki oleh orang lain. 

Jika kita membidik kata kunci tertentu untuk dijadikan nama domain, menyerupai pola di atas membidik kata kunci "tips artikel sehat" , namun sudah tidak terdia maka caranya kita cukup memperlihatkan variasi karakter pada nama domain tersebut, contohnya "tipsartikelsehatku" . Lakukan cara ini sampai menemukan nama domain yang tersedia untuk dibeli. Jika sudah, scroll ke bawah ... anda akan menemukan tampilan menyerupai gambar di bawah :


5. Jika sudah menemukan bab menyerupai di atas, klik saja "Ya, saya mau hosting juga" . Lain kasusnya bila anda bermaksud membeli domain tanpa hosting, maka anda klik "beli domain saja".  Scroll lagi ke bawah anda akan melihat tampilan menyerupai gambar di bawah :


6. Lihat gambar di atas, pada bab kiri, anda harus menentukan paket yang tersedia. Pada bab kategori anda contohnya menentukan profesional, pada bab paket misal menentukan  500 MB, periode billing merupakan cara pembayaran bulanan, triwulan atau tahunan yang sanggup anda pilih. Lalu lokasi server, bila sasaran blog anda yakni pembaca lokal di Indonesia maka pilih server Indonesia ( IIX ), bila sasaran  blog anda yakni pembaca luar negeri, anda sanggup menentukan server US atau Singapore. Pada bab kanan, secara otomatis akan ditunjukkan harga paketnya. Silakan scroll lagi ke bawah, anda akan menemukan tampilan menyerupai gambar di bawah ini :


7. Jika anda sebelumnya sudah mempunyai akun di rumahWEB.com, maka silakan klik "login". Jika anda belum mempunyai akun di rumahWEB.com, silakan menciptakan akun terlebih dahulu dengan mengklik "daftar memakai email" , artinya sebelumnya anda sudah harus mempunyai email aktif. Kemudian akan ditampilkan form registrasi menyerupai di bawah ini :


8. Lihat gambar form di atas, Isi semua kolom yang tersedia, bila sudah klik "submit" . Anda akan dibawa kembali ke halaman review order anda menyerupai gambar di bawah ini :


9. Silakan klik "check out" untuk menuntaskan pembelian domain anda. Secara otomatis tagihan akan masuk ke email anda. Emaik tersebut berisi rincian order anda, cara pembayaran beserta petunjuk konfirmasi pembayaran.

Setelah anda membayar dan melaksanakan konfirmasi pembayaran sesuai petunjuk, selang beberapa menit anda akan mendapatkan email yang menyatakan bahwa domain sudah aktif.



PEMBELIAN DOMAIN DAN HOSTING TIDAK HARUS SEKALIGUS

Di atas kita sudah mempelajari langkah - langkah cara membeli domain dan hosting, sekedar gosip ... domain dan hosting tidak harus dibeli sekaligus. contohnya hari ini kita membeli domain saja, lain hari kita membeli hostingnya. Atau hari ini kita membeli domain di perusahaan X, besoknya kita membeli hostingnya di perusahaan Y. Baca juga : cara custom domain blogspot

Untuk sanggup online di internet, maka sehabis domain dan hosting dibeli, maka langkah selanjutnya yakni mengarahkan domain ke hostingnya. Pada halaman selanjutnya saya akan memposting tutorialnya.