Situs informasi aplokasi, Tips dan trik, Berita, informasi Teknologi, perkembangan Gadget dan internet.

Friday, November 8, 2019

Tutorial Definisi Dan Pengertian Apa Itu Domain Dan Custom Domain

DEFINISI DAN PENGERTIAN DOMAIN

Apa itu Domain ?  Jika kita terjun ke dunia internet, tentu selalu bekerjasama dengan blog atau website yang merupakan sebuah media atau sarana yang dipakai oleh pemiliknya untuk menyampaiakan pesan atau gosip kepada para pembacanya. Lalu apa hubungannya dengan domain? 

Pengertian secara sederhana, domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer menyerupai web server atau email server di internet. Nama domain inilah yang mewakili sebuah blog atau website yang diterbitkan di internet. Makara blog atau website tidak sanggup diterbitkan tanpa mempunyai domain.

Domain menunjukkan fasilitas pengguna internet untuk melaksanakan terusan ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Dari pengertian domain di di atas, untuk menciptakan blog yang online di internet, kita harus mempunyai domain. Bagi pemula yang sedang mempelajari cek kecepatan internet 


TINGKATAN ATAU LEVEL DOMAIN

Domain mempunyai beberapa level, yaitu :

1. Top Level Domain yakni gugusan kata dibelakang nama domain seperti
.com (dot commercial)
.net (dot network)
.org(dot organization)
.edu(dot education)
.gov(dot goverment)
.mil(dot military)
.info (dot info)
dll

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD yakni menyerupai yang pada di list diatas dan ccTLD yakni TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, menyerupai Indonesia dengan isyarat ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan isyarat MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD) yakni nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan yakni domainku.com, maka domainku yakni SLD dan .comnya yakni TLD.

3. Third Level Domain yakni nama sesudah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki yakni domainku.com, maka anda sanggup menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya yakni enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis menyerupai co.cc, cz.cc dst.


MENGENAL CUSTOM DOMAIN

Setelah mengulas perihal pengertian atau definisi domain, untuk melengkapi pengetahuan anda ... sesudah anda mencar ilmu cara menciptakan website, aku akan membahas perihal apa itu custom domain.

Jika anda menciptakan blog gratisan di blogger / blogspot anda akan mendapat alamat blog dengan subdomain, pola : bloganda.blogspot.co.id . Dengan tampilan alamat tersebut, bagi sebagian orang ... mungkin kurang puas alasannya yakni terkesan kurang profesional alasannya yakni bukan domain pribadi. Solusinya anda sanggup mengubah nama domain tersebut menjadi domain milik pribadi, cara inilah yang disebut custom domain. Silakan baca tutorial cara custom domain blogspot

Setelah kita membeli domain pribadi, alamat blog yang tadinya dicontohkan yakni bloganda.blogspot.co.id akan bermetamorfosis www.bloganda.com . Oh ya, untuk keperluan custom domain, kita tidak harus membeli akhiran .com  , kita juga sanggup memakai domain dengan akhiran yang lain menyerupai :  .net, id dan lain - lain.

Jadi custom domain yakni mengubah sub domain gratisan menjadi nama domain pribadi.

 tentu selalu bekerjasama dengan blog atau website yang merupakan sebuah media atau sarana Tutorial Definisi dan Pengertian Apa Itu Domain dan Custom Domain



CARA MENDAPATKAN NAMA DOMAIN

Untuk mempunyai nama domain, jikalau kita menciptakan blog gratisan ... tentu kita tinggal menentukan nama untuk sub domain sesuai impian kita sendiri. Lain halnya jikalau kita ingin mempunyai domain pribadi, untuk mendapat domain ... kita harus membelinya pada perusahaan penyedia domain. Anda sanggup mencarinya sendiri di Google, di sana banyak yang menjual domain.


HUBUNGAN DOMAIN DAN HOSTING

Agar lebih jelas, selain definisi dan pengertian domain di atas, aku juga akan menjelaskan perihal hosting, alasannya yakni domain akan selalu bekerjasama dengan hosting. Untuk mempunyai blog atau website yang terbit di internet, selain domain ... yang diperlukan yakni hosting. Hosting yakni daerah dimana kita menyimpan file - file dari blog kita, baik itu artikel maupun gambar dan file lainnya. 

Untuk mendapat hosting, kita harus menyewanya bulanan atau juga sanggup tahunan pada perusahaan penjual hosting. Penjual domain sanya juga menjual hosting. Untuk meng-online-kan sebuah blog atau website, domain dan hosting sanggup dibeli dari daerah terpisah.

Untuk perkara blog gratisan di atas, kita tidak perlu membeli domain di atas. Untuk custom domain, kita hanya membeli domain namun tidak perlu membeli hosting alasannya yakni hostingnya numpang pada blogspot. Sedangkan untuk blog dengan domain dan hosting pribadi, kita harus membeli domain dan hosting. Yang terakhir ini biasa disebut dengan blog self hosted. 

Jadi untuk menciptakan blog atau website, kita membutuhkan domain dan hosting. Oh ya jangan lupa, sesudah mempunyai blog ... penting juga mempunyai banyak pengunjung. Buat apa mempunyai blog kalau tidak ada pengunjungnya, pelajari : belajar SEO